Translitor.

Sponsor,

SARVA DEVATA GAYATRI MANTRA.

SARVA DEVATA GAYATRI MANTRA.

Pada pembagian ini, penulis menyajikan berbagai mantra dari gayatri mantra. Yang sebelumnya kita mengenal hanya satu gayatri mantra. Sujatinya yang kita kenal sebagai gayatri mantra utama dalam rg.veda. Itu merupakan gayatri mantra dalam bentuk Universal. Yang dimaksud dengan Universal adalah mantra yang ditunjukan untuk Tuhan yang tidak memiliki wujud. Walaupun dalam pengertian bebas disana tertera nama Gayatri. Nama ini digambarkan sebagai seorang dewi. Sedangkan kekuatan yang dituju adalah Surya Narayanan. Secara sederhana ini diartika Cahaya Tuhan. Baiklah untuk mempersingkat waktu, silahkan bagi pembaca untuk menyimak tulisan dibawah ini. Penulis berharap dengan mengetahui dan mengenal jinis gayatri mantra ini. Para pembaca dapat lebih mantap dalam melaksanakan kegiatan kebaktian kehadapan Tuhan. Asal diketahui jenis-jenis gayatri ini bisa dilantunkan saat melakukan puja kepada dewa tertentu atau Istavata. Bisa juga saat perayaan tertentu atau hari-hari tertentu bahkan setiap kebaktian sehari-hari. 

GAYATRI MANTRA.

“Om Tat-Savitur-Varenyam
Bhargo Devasya Dhimahi
Dhiyo yo Nah Pracodayat” 
“Ya Tuhan, penguasa ketiga alam, Bhur, bvah dan Svah loka, Kami bersemedi ke arah Cahaya Ketuhanan Sang Surya, semoga cahaya surgawi ini menerangi aliran pikiran yang ada di dalam budhi (intelek) kami.”

M

 OM
=
Para Brahman 'Tuhan yang Mahabesar'

BHUUR
=
Bhu loka 'alam fisik'. Ini juga menunjuk pada tubuh yang terbuat dari lima panca bhuta 'lima unsur'. Kelima unsur ini membentuk prakrti 'alam'.

BHUVAH
=
Bhuva loka 'alam pertengahan'. Bhuva juga merupakan prana sakti. Meskipun demikian prana sakti hanya dapat menghidupkan tubuh karena adanya prajnana.
Karena itulah, maka Weda menyatakan, "Prajnanam Brahma" 'Tuhan adalah kesadaran yang selalu utuh dan menyeluruh selamanya'.

SVAH
=
Swarga Loka 'surga tempat para dewa'
(Sanatana Sarathi, September 1995, hlm. 234)

TAT
=
Paramatma 'Tuhan atau Brahman'

SAVITUR
=
Itu atau Ia yang merupakan asal segala ciptaan ini

VARENYAM
=
patut disembah

BHARGO
=
sinar cahaya atau kecemerlangan spiritual, terang yang menganugerahkan kebijaksanaan

DEVASYA
=
kenyataan Tuhan

DHIIMAHI
=
kita bermeditasi

DHIYO
=
budi, intelek

YO
=
yang

NAH
=
kita

PRACODAYAAT
=
menerangi
 
(penjelasan diatas diambail dari berbagai sabda Satya Sai Baba).

JENIS-JENIS GAYATRI DEVATA.

Sri ganesa Gayatri. 
Om Lambhodaraya vidmahe 
Mahodaraya deemahi 
Thanno danthi prachodayath.

Om, sekarang saya merenungkan perwujudan Tuhan dengan perut besar
Oh, perwujudan Tuhan dengan perut besar, berkahilah dengan kecerdasan yang lebih tinggi,
Dan silahkan bagi yang bermuka gajah menerangi pikiran saya.

Om Ekadanthaya vidmahe  
Vakrathundaya dheemahi 
Thanno danthi prachodayath.

Om, saya merenungkan perwujudan Tuhan dengan satu gading ,
Oh, perwujudan Tuhan dengan gading yang patah, berkahilah dengan memberikan kecerdasan yang lebih tinggi, Dan silahkan bagi yang bermuka gajah menerangi pikiran saya.

Om Thatpurashaya vidhmahe  
Vakrathundaya dheemahi 
Thanno danthi prachodayath.

Om, saya merenungkan purusa yang tertinggi,
Oh, perwujudan Tuhan dengan gading yang patah, berkahilah dengan kecerdasan yang lebih tinggi, Dan silahkan bagi yang bermuka gajah menerangi pikiran saya.

Shiva Gayatri. 
Om Tat Purushaya Vidhmahe
Mahadevaya Dheemahe
Thanno Rudra Prachodayath.

Om, aku merenungkan Purusha besar,
Oh, perwujudan Tuhan terbesar, berkenan memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,
Dan silahkan Tuhan Rudra menerangi pikiran saya.
Narayana Gayatri.
Om Narayanaya Vidhmahe Vasudevaya Dheemahe 
Thanno Visnuh Prachodayath.

Om, saya merenungkan Tuhan Narayana,
Oh, perwujudan Tuhan Vasudeva, berkenan memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,
Dan silahkan Tuhan Vishnu menerangi pikiran saya.

Rama Gayatri.
Om Daserathaya Vidhmahe
Sita Vallabhaya Dheemahe
Thanno Rama Prachodayath.

Om, aku merenungkan putra Dasaratha,
Oh, permaisuri Sita, berkenan memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,
Dan silahkan perwujudan Tuhan Rama menerangi pikiran saya
.
 
Krishna Gayatri.
Om Dhamodharaya Vidhmahe
Rukmani Vallabhay Dheemahe
Thanno Krishna Prachodayath.

Om, Biarkan aku merenungkan dewa yang perutnya diikat dengan tali,
Oh, permaisuri Rukhmani, berkenan memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,
Dan silahkan  perwujudan Tuhan Krishna menerangi pikiran saya
.

Venkateswara Gayatri.
Nirnajanaya VidmaheNirapasaya Dheemahe
Thanno Srinivasa Prachodayath. 
Om, aku merenungkan dewa yang adalah kebenaran yang kekal,Oh, Tuhan yang tidak memiliki keterikatan, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan silahkan perwujudan Tuhan Srinivasa menerangi pikiran saya.

Narasimha Gayatri.
Om Narasimhaya Vidmahe 
Vajra Nakhaya Dheemahe
Thanno Narasimha Prachodayath.

Om, aku merenungkan dewa yang adalah perwujudan singa,Oh, Tuhan yang memiliki cakar berlian, memberikan saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan silahkan perwujudan Tuhan Narasimha menerangi pikiran saya.

Hayagreeva Gayatri Mantra. 

Om Vanisvaraya Vidmahe 
Haya Greevaya Dheemahe 
Thanno Hayagreeva Prachodayath. 
Om, aku merenungkan dewa pengetahuan,Oh, perwujudan Tuhan yang memiliki wajah kuda, memberikan saya kecerdasan yang lebih tinggi, silahkan perwujudan Tuhan Hayagreeva menerangi pikiran saya.

Sudharshana Gayatri. 
Om Sudharshanaya Vidmahe 
Maha Jwalaya Dheemahe 
Thanno Chakra Prachodayath. 
Om, aku merenungkan roda suci Sudharshana,Oh, perwujudan Tuhan yang memiliki kecemerlangan besar, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi, Dan biarkan roda menerangi pikiran saya.

Brahma Gayatri.Om Chathur mukhaya Vidmahe 
Hamasaroodaya Dheemahe 
Thanno Brahma Prachodayath. 
Om, aku merenungkan Tuhan dengan empat wajah,Oh, perwujudan Tuhan yang berkendaraan angsa, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi, Dan silahkan perwujudan Tuhan Brahma menerangi pikiran saya. 
Om Vedathmanaya vidmahe, 
Hiranya Garbhaya Dheemahi, 
Thanno Brahma prachodayath 
Om, saya merenungkan perwujudan Tuhan yang adalah jiwa dari Veda,Oh Tuhan, yang memegang seluruh dunia dalam diri Anda, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi, Dan biarkan perwujudan Tuhan Brahma menerangi pikiran saya.

Subrahamanya Gayatri. 

Om Itu Purushaya Vidhmahe 
Maha Senaya Dheemahe 
Thanno Shanmuga Prachodayath. 
Om, saya merenungkan purusha yang tertinggi,Oh, panglima tertinggi, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan salah satu dari enam wajah mu menerangi pikiran saya. 

Lakshmi Gayatri. 
Om Mahadevyaicha Vidhmahe 
Wisnu Pathniyaicha Dheemahe 
Thanno Lakshmi Prachodayath. 
Om, aku merenungkan dewi tertinggi,Oh, istri Dewa Wisnu, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Dewi Lakshmi menerangi pikiran saya. 

Saraswathi Gayatri. 
Om Vakdeviyai cha Vidhmahe 
Virinji Pathniyai cha Dheemahe 
Thanno Vani Prachodayath. 
Om, Biarkan aku merenungkan dewi pidato/ucapan,Oh, istri Dewa Brahma, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Dewi Vani menerangi pikiran saya. 

Durga Gayatri. 
Om Kathyayanaya Vidhmahe
Kanya Kumari cha Dheemahe
Thanno Durgaya Prachodayath. 
Om, Biarkan aku merenungkan dewi yang adalah putri dari Kathyayana,Oh, Dewi gadis/perawan, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Dewi Durga menerangi pikiran saya. 

Radha Gayatri.
Om Vrishabhanujaye VidhmaheKrishna priyaya DheemaheThanno Radha Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan putri Vrishabhanu,Oh, DIa kesayangan Krishna, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Radha menerangi pikiran saya.



Sita Gayatri.Om Janaka Nandinye VidhmaheBhumijayai DheemaheThanno Sita Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan putri JanakaOh, putri bumi, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan membiarkan Sita menerangi pikiran saya.
 

Devendra Gayatri.
Om Sahasra nethrayeVidhmaheVajra hasthaya DheemaheThanno Indra Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan bermata seribu/ribuan mata,Oh, Tuhan dengan Vajra sebagai senjata, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan membiarkan Indra menerangi pikiran saya.
 

Hanuman Gayatri.
Om Aanjaneya VidhmaheMaha Balaya DheemaheThanno Hanuman Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan anak Anjana,Oh, yang sangat kuat, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Hanuman menerangi pikiran saya.
 

Aditya Gayatri.
Om Bhaskaraya VidhmaheDiva karaya DheemaheThanno Surya Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan Dewa Matahari,Oh, pencipta hari, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan membiarkan Tuhan matahari menerangi pikiran saya.
Om Aswadwajaya VidhmahePasa Hasthaya DheemaheThanno Surya Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan dewa yang memiliki bendera kuda,Oh, Tuhan yang memegang tali, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan membiarkan perwujudan Tuhan sebagai matahari menerangi pikiran saya.
 

Chandra Gayatri.
Om Kshira puthraya VidhmaheAmrithathvaya DheemaheThanno Chandra Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan putra susu (ibarat susu),Oh, esensi dari nektar, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan perwujudan Tuhan sebagai bulan menerangi pikiran saya.
Om Padmadvajaya VidhmaheHema roopaya DheemaheThanno Chandra Prachodayath.
Om, Mari saya merenungkan Tuhan yang memiliki bendera bunga padma,Oh, Tuhan warna emas, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan perwujudan Tuhan sebagai bulan menerangi pikiran saya.
Angaaraka Gayatri (Mars)
Om veeradhvajaaya vidmahaevighna hastaaya dheemahitanno bhouma prachodayaat
Om, Biarkan aku merenungkan orang yang memiliki bendera kepahlawanan,Oh, Dia yang memiliki kekuatan untuk memecahkan masalah, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan putra bumi menerangi pikiran saya.
 

Budha Gayatri (Mercury)
Om gajadhwajaaya vidmahaedheemahi hastaaya sukhatanno budha: prachodayaat
Om, Biarkan aku merenungkan orang yang memiliki bendera perlambang gajah,Oh, Dia yang memiliki kuasa untuk memberikan kesenangan, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Budha menerangi pikiran saya.
 

Guru Gayatri (Jupiter)
Om vrishabadhvajaaya vidmahaekruni hastaaya dheemahitanno
guru prachodayaat
Om, Biarkan aku merenungkan orang yang memiliki bendera berlambangkan banteng,Oh, Dia yang memiliki kekuasaan untuk menyelesaikan sesuatu, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Guru menerangi pikiran saya.
 

Shukra Gayatri (Venus)
Om asvadhvajaaya vidmahaedhanur hastaaya dheemahi
tanno Sukra prachodayaat
Om, Biarkan aku merenungkan orang yang memiliki bendera berlambang kuda,Oh, Dia yang memiliki busur di tangannya, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Shukra menerangi pikiran saya.
 

Sanishwara Gayatri (Saturnus)
Om kaakadhvajaaya vidmahaeKhadga hastaaya dheemahitanno Mandah: prachodayaat
Om, Biarkan aku merenungkan orang yang memiliki  bendera berlambangkan gagak,Oh, Dia yang memiliki pedang di tangannya, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Saneesvara menerangi pikiran saya.
 

Raahu Gayatri
om naakadhwajaaya vidmahaepadma hastaaya dheemahitanno raahu: prachodayaat
Om, Biarkan aku merenungkan orang yang memiliki bendera berlambangkan ular,Oh, Dia yang memiliki teratai di tangannya, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Rahu menerangi pikiran saya.
Kethu Gayatri

om aswadhwajaaya vidmahaesoola hastaaya dheemahitanno Ketu: prachodayaat

Om, Biarkan aku merenungkan orang yang memiliki bendera berlambangkan kuda,Oh, Dia yang memiliki trisula di tangannya, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Kethu menerangi pikiran saya.
 

Yama Gayatri.
Om Surya puthraya VidhmaheMaha Kalaya DheemaheThanno Yama Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan anak dari Dewa Matahari,Oh, perwujudan Tuhan waktu, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan membiarkan Tuhan kematian menerangi pikiran saya.
 

Varuna Gayatri
Om Jala bimbhaya VidhmaheNila Purushaya DheemaheThanno Varuna Prachodayath.Om, Biarkan aku merenungkan refleksi/ gelombang air,Oh, purusa yang berwarna biru, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Tuhan air menerangi pikiran saya.
 

Agni Gayatri.
Om Maha jvalaya VidhmaheAgni devaya DheemaheThanno Agni Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan tiang api yang tinggi,Oh, Tuhan api, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Tuhan Api menerangi pikiran saya.
Om Vaiswanaraya VidhmaheLaaleelaya DheemaheThanno Agni Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan api pencernaan,Oh, penggabungan dari semua, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Tuhan Api menerangi pikiran saya.
 

garuda Gayatri
Om Thathpurushaya VidhmaheSuvarna Pakshaya DheemaheThanno Garuda Prachodayath.
Om, Mari saya merenungkan bahwa makhluk hidup tertinggi,Oh, Burung dengan sayap emas, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Tuhan Garuda menerangi pikiran saya
 

Nandi Gayatri
Om Thathpurushaya VidhmaheChakrathundaya DheemaheThanno Nandi Prachodayath.
Om, Mari saya merenungkan makhluk hidup terttinggi,Oh, pimpinan dari para dewa, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Tuhan Nandi menerangi pikiran saya
 

Prithvi Gayatri.
Om Prithivi devyyaya VidhmaheSahasra murthaye cha DheemaheThanno Prithvi Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan dewi bumi,Oh, Dewi yang memiliki seribu bentuk, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan Dewi bumi menerangi pikiran saya. 

Manmatha Gayatri.
om Kama-devAya vidmahePushpa-vANAya dhImahetanno Kama prachodayAt
Om, Biarkan aku merenungkan Tuhan kasih sayang,dengan panah bunga (kama-deva), memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan perwujudan Tuhan kasih sayang menerangi pikiran saya.
 

Tulsi Gayatri.
Om Tulsi devyai cha VidhmaheWisnu priyayai cha DheemaheThanno Brindah Prachodayath.Om, Biarkan aku merenungkan Dewi Ocimum/tulsi, Oh, Dewi yang kesayangan dari Wisnu, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi, dan biarkan Brindha menerangi pikiran saya.


Shirdi Sai Gayatri Mantra
Om Shirdi vasaya VidhmaheSachithanandaya DheemaheThanno Sai Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan perwujudan Tuhan yang tinggal di Shirdi,Oh, Tuhan yang kebenaran murni  dan kebahagiaan, memberi saya kecerdasan yang lebih tinggi, Dan membiarkan Sai menerangi pikiran saya.
 

Sathya Sai Gayatri.
Om Sri Sayeeswaraya VidhmaheSathya Devaya DheemaheThanno Sarva Prachodayath.
Om, Biarkan aku merenungkan perwujudan Tuhan Sai,Oh, Tuhan yang adalah kebenaran, memberikan kecerdasan yang lebih tinggi,Dan biarkan perwujudan Tuhan dari segala sesuatu menerangi pikiran saya.


sekian dulu pembahasan untuk mantra puja, jika para pembaca membutuhkan bantuan baik itu berbentuk pertanyaan dan tata cara pelaksanaan bisa hubungi penulis melalui alamat email atau poskan coment pengunjung dibawah ini. Penulis siap membantu semampu dari penulis.   

 

0 Response to " SARVA DEVATA GAYATRI MANTRA. "

http://adf.ly/1bLNXQ [URL=http://www.flagcounter.me/details/l0][IMG]http://www.flagcounter.me/l0/[/IMG][/URL]http://www.flagcounter.me/l0/